Jumat, 24 April 2009

Apa itu Bimasakti?


Bimasakti adalah galaksi spiral yang besar, termasuk dalam tipe Hubble SBBC. dengan total massa 1.000.000.000.000 massa matahari yang memiliki sekitar 200-400 milyar bintang dengan diameter 100.000 tahun cahaya dan ketebalan 1000tahun cahaya.

Menurut penelitian yang baru-baru ini dilaksanakan, Galaksi Bimasakti diprediksi memiliki beban sekira satu triliun lebih ringan dibanding matahari.
Sebelumnya, diprediksi berat galaksi bimasakti hanya berada dikisaran 750 miliar hingga 2 triliun berat matahari. Namun prediksi ini ternyata salah dan para ilmuwan percaya bahwa ukuran berat kali ini sudah benar karena telah melalui metode yang diperbaharui.

Berat galaksi ini diperkirakan dikontribusi oleh beberapa elemen di dalamnya seperti perpaduan antara bintang, gas, debu dan sebuah senyawa gelap yang masih belum diketahui namanya.

Galaksi ini ternyata memiliki berat yang lebih ringan dibanding yang sebelumnya telah kita duga. Ini artinya senyawa lain yang ada dalam galaksi tersebut masih tergolong sedikit sehingga konversi suplai hidrogen dan helium ke beberapa bintang akan lebih efisien.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar